Sabtu, 16 Oktober 2010

INPUT DEVICE

PERALATAN INPUT DALAM KOMPUTER

a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file
Fungsi tombol – tombol pada keyboard
1. ALT : Berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
2. CTRL : Akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya.
3. ESC (Escape) : adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
4. Enter : Adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
5. TAB : Berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
6. Backspace : Akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
7. Delete : Akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
8. Home : Akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
9. End : Akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
10. Page Up : Akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
11. Page Down : akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.
12. Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
13. Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
14. Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
15. Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
16. Num Lock : Adalah tombol yang memiliki fungsi ganda, yaitu:
a. Num Lock on, fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif.
b. Num Lock off, fungsi tombol navigasi aktif
17. Scrool Lock : Mengaktifkan fungsi scrool pada mouse
18. Caps Lock : Mengetik dengan huruf Kapital ( Huruf Besar )
19. Tombol F1 – F12 : adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal:
a. F1 = Menjalankan fungso pertolongan yang disediakan pada Word
b. F2 = Memindahkan teks atau objek yang dipilih
c. F3 = Menjalankan perintah AutoText
d. F4 = Mengulangi perintah sebelumnya
e. F5 = Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
f. F6 = Menjalankan Perintah Other Pane
g. F7 = Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
h. F8 = Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
i. F9 = Mengupdate Field (Mail Merge)
j. F10 = Mengaktifkan Menu
k. F11 = Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
l. F12 = Mengaktifkan dialog Save As

b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface)

c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku

g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

h. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara

i. Webcam
WebCam adalah Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di Internet untuk keperluan video conferencing.

Tidak ada komentar: